Menu Close

Hindari Basi, Ini Dia Cara Menyimpan Frozen Food

38-cara-membuat-frozen-food

Tidak bisa dipungkiri, setiap berbelanja seperti belanja bulanan, kadangkala Frozen Food pasti anda beli, bukan? Entah itu berupa olahan seperti sosis atau nugget. Biasanya jenis makanan beku ini seringkali dipilih untuk di waktu mendesak. Seperti kelaparan di tengah malam atau mungkin menjadi penyelamat di akhir bulan. Namun, anda juga pasti tahu akan makanan beku yang terlihat sudah tidak layak dikonsumsi. Misalnya saja sudah terlihat terlalu banyak kristal beku atau pernyataan yang menyatakan makanan beku yang dipanaskan lagi tidak baik bagi kesehatan. Benarkah? Untuk berjaga-jaga, anda harus tahu tata cara menyimpan frozen food yang benar, ya!

Periksa Teliti Sebelum Menyimpan Frozen Food

Pertama-tama, anda harus lebih jeli sebelum membeli ataupun menyimpan frozen food ini. Lihat baik-baik bagaimana bentuknya. Jika sudah terlihat ada kristal es beku yang sangat keras itu tandanya makanan beku tersebut pernah dipanaskan atau tidak disimpan dengan baik dan kemudian membeku lagi. Jika ini anda temukan, sebaiknya anda tidak membelinya. Atau, jika sudah terbeli segeralah dibuang. Sebab, itu tandanya makanan beku tersebut sudah tidak layak dikonsumsi. Jika masih segar maka makanan beku tersebut tidak akan memiliki kristal es. Selain kristal es, anda juga harus memperhatikan warna dan baunya. Seharusnya jika makanan beku tersebut masih layak dikonsumsi, maka tidak akan berubah warnanya dan tidak berbau menyengat.

Pilih Tempat Penyimpanan Yang Benar

Ada banyak makanan beku yang bisa anda temukan saat ini. Dan, setiap anda membeli makanan beku akan ada ketentuan berbeda dalam penyimpanannya. Ada yang harus disimpan langsung di freezer ada yang bisa disimpan di ruang kulkas biasa bukan di freezernya. Nah, anda juga berhak mencari tahu apakah makanan beku yang anda beli memang harus ditaruh di freezer atau tidak? Jika anda belum tahu, anda bisa mencari informasi, baik secara langsung ataupun secara online.

Waktu Penyimpanan

Selain memilih tempat penyimpanan yang tepat anda juga harus tahu waktu penyimpanan yang tepat juga. Anda harus tahu, bahwasanya kebanyakan makanan beku seperti daging segar akan tahan hingga setahun. Namun syarat paling utama adalah suhu beku yang tidak boleh diganti. Nah, bagaimana jika anda yang akan mengolah makanan beku tersebut secara bertahap? Misalnya hari ini mengambilnya sedikit dan lusa sedikit lagi? Tentu saat mengambil sebagian suhunya berubah, bukan? Nah, ini akan memperpendek umur simpan frozen food tersebut. Untuk itu ingat kapan anda menyimpannya dan usahakan untuk mengolah yang sudah diambil terlebih dahulu. Bahkan, tidak jarang orang-orang akan menulis label atau aku tanggal untuk mengetahui umur simpan makanan beku tersebut. Bahkan, jika dibutuhkan anda bisa menggunakan wadah tertutup agar lebih aman dan aromanya tidak menyebar kemana-mana. Ini biasa digunakan jika menyimpan makanan beku sejenis daging.

Suhu Kulkas

Tahukah anda? Suhu kulkas yang stabil juga diperlukan ketika menyimpan makanan beku. Sebab, suhu yang tidak stabil akan memicu makanan beku menjadi mencair dan jika suhunya meningkat lagi maka akan menciptakan kristal es. Jika sudah tercipta kristal es itu tandanya makanan tersebut sudah tidak segar lagi. Untuk itu sebelum menyimpannya, perhatikan lagi bagaimana kestabilan suhu kulkas anda, ya.

Itu tadi bagaimana metode menyimpan frozen food yang tepat. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka yakinlah makanan beku anda tidak akan bertahan lama. Sudah tahu bukan bahaya nya memakan makanan yang tidak layak dikonsumsi? Menyebabkan sakit perut hingga keracunan, loh.

Ralali Food Program

Bergabunglah dengan Ralali Food Program untuk mengembangkan brand kuliner Anda. Manfaatkan solusi makanan siap saji inovatif, jangkauan distribusi luas, dan dukungan finansial tanpa modal awal. Tingkatkan pendapatan dan perluas pasar dengan dukungan penuh dari Ralali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *